Buscar

Tuesday, March 5, 2013

Shalat Tahajjud

Puji Syukur Alhamdulillah Rabb semesta alam yang telah memberikan kepada kita segala - galanya. dan shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada para Nabi dan Rasul Nya.

Shalat tahajjud adalah suatu ibadah tambahan yang telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wata'ala kepada setiap hamba Nya , dengan maksud agar supaya mereka mendapatkan suatu tempat yang terpuji disisi Allah Subhanahu Wata'ala.

Sebagaimana dijelaskan didalam surah Al Israa' ayat 79 yang dalam bahasa Indonesianya kurang lebih bermakna "Pada sebagian malam hari bersembahyang tahajjudlah / laksanakanlah ibdah shalat tahajjud , mudah - mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji"

Dengan jelas disebutkan pada surah Al Israa' diatas bahwasanya ibadah shalat tahajjud adalah merupakan suatu ibadah tambahan dan bukan merupakan suatu ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap hamba-Nya. Ibadah tambahan ini dimaksudkan / mempunyai keutamaan bagi setiap hamba-Nya yakni mendapatkan satu tempat yang terpuji disisi Nya.

Dalam lanjutan ayat yakni surah Al Isra' ayat 80 - 81 : disebutkan dan katakanlah "

Dalam lanjutan ayat tersebut secara jelas diperintahkan kepada kita pada saat melaksanakan ibadah shalat Tahajjud untuk mengatakan / mengucapkan do'a sebagaimana gambar lafadz diatas , 

Yang menjadi pertanyaan kemudian kapan dan pada saat apa kita mengucapkan do'a tersebut ....? 

1. Apakah pada saat mau melaksanakan ibadah shalat Tahajjud ....? 
2. Apakah disaat / didalam shalat tahajjud ...?
3. Ataukah setelah shalat tahajjud .....? 

Untuk pertanyaan yang pertama dan ketiga mungkin cukup jelas dengan jawaban ya atau tidak namun untuk pertanyaan yang ke dua ...? disaat apa ....? apakah setelah membaca Surah al fatihah atau sebelumnya...? apakah pada saat ruku' atau sujud , atau dimana ....? 

Mungkin ada diantara saudara yang membaca catatan ini , yang mungkin mengetahui kapan dan atau dimana do'a tersebut diucapkan alangkah baiknya dan tentunya sangat bermanfaat sekali sekiranya hal tersebut disharing bersama kami, tentunya dengan menguraikan hal tersebut beserta sumber yang dapat dipertanggungjawabkan demi untuk kebaikan bersama .

Wallahu A'lam

0 comments:

¿Sampaikan Saran Dan Kritik Yang Membangun?

 
Mari Kita Baca Bersama | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger