Buscar

Friday, March 1, 2013

Perbedaan Tingkatan Pemahaman

Al Quranul Karim diturunkan dalam bahasa arab, karena itu pada umumnya orang arab dapat mengerti dan memahami dengan mudah. para sahabat rasulullah adalah orang yang paling mengerti dan memahami ayat - ayat Al Quran akan tetapi para sahabat itu sendiri mempunyai tingkatan yang berbeda beda dalam memahami Al Quran.

Hal ini terutama disebabkan oleh karena perbedaan tingkatan pengetahuan serta kecerdasan para sahabat itu sendiri selain daripada itu perbedaan tingkatan pemahaman ayat ayat suci Al Quran adalah :

1. Sekalipun para sahabat orang Arab dan berbahasa Arab, tetapi pengetahuan mereka tentang bahasa Arab berbeda - beda. seperti berbeda - bedanya pengetahuan para sahabat tentang sastra Arab, gaya bahasa Arab, adat Istiadat dan sastra , termasuk kata - kata dalam Al Quran sehingga tingkatan mereka dalam memahami Al Quran pun berbeda pula.

2. Ada sahabat yang sering mendampingi Nabi Muhammad SAW sehingga banyak mengetahui sebab ayat - ayat Al Quran diturunkan dan adapula yang jarang mendampingi beliau, pentingnya pengetahuan tentang sebab - sebab turunnya Al Quran sangat diperlukan guna untuk menafsirkan Al Quran, karena itu para sahabat yang banyak pengetahuan mereka tentang sebab Al Quran itu diturunkan lebih mampu menafsirkan Ayat - Ayat Al Quran dibandingkan dengan yang lain.

3. Perbedaan tingkat pengetahuan para sahabat tentang adat istiadat, perkataan dan perbuatan Arab Jahiliyah. Para sahabat yang mengetahui Haji dimasa jahiliyah akan lebih mengetahui dan atau dapat memahami ayat ayat Al Quran yang berhubungan dengan Haji dibandingkan dengan sahabat yang kurang tahu.

4. Perbedaan Tingkatan Pengetahuan para sahabat yang tentang apa yang dilakukan oleh yahudi dan nasrani di jazirah Arab pada waktu ayat Al Quran diturunkan. berhubungan dengan penolakan, sanggahan ,  terhadap perbuatan orang - orang yahudi dan nasrani itu. akan lebih dapat memahami ayat ayat tersebut dibanding dengan yang tidak mengetahui.

Wallahu A'lam

0 comments:

¿Sampaikan Saran Dan Kritik Yang Membangun?

 
Mari Kita Baca Bersama | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger