Buscar

Friday, March 1, 2013

Al Quran Diturunkan Berangsur Angsur

Kenapa Al Quran Diturunkan Secara Berangsur angsur dan apa Hikmah dari diturunkannya Al Quran secara berangsur angsur

Menurut sebagian besar ulama' kurang lebih terdapat 5 point penting dari hikmah dari diturunkannya Al Quran secara berangsur angsur pada kurun waktu 22 Tahun 2 bulan dan 22 hari atau kurang lebih selama 23 tahun yang mana 13 tahun di Makkah sedang 10 tahun dimadinah.

Hikmah dari diturunkannya Al Quran yang pertama adalah agar lebih mudah dimengerti dan dilaksanakan. karena setiap orang akan enggan melaksanakan perintah dan sebuah larangan sekiranya perintah dan larangan tersebut diturunkan sekaligus, karena akan banyak hal yang musti dilaksanakan dan akan banyak hal pula yang musti ditinggalkan.

Hikmah kedua kenapa Al Quran diturunkan berangsur angsur adalah karena dalam ayat - ayat tersebut ada yang nasikh dan mansukh, sesuai dengan kemaslahatan, sekiranya Al Quran diturunkan dan atau dilaksanakan sekaligus maka akan sulit untuk dilakukan (pendapat bagi mereka yang menyatakan akan adanya Nasikh dan Mansukh)

Hikmah ketiga dari diturunkannya Al Quran secara berangsur - angsur adalah dimana ayat demi ayat dari Al Quran itu akan lebih bermakna dan sekaligus berbekas dalam hati dan mengesankan sehingga kemudian akan menambah tingkat dan atau nilai keimanan seseorang.

Hikmah yang ke empat dari diturunkannya Al Quran secara berangsur - angsur adalah guna untuk memudahkan hafalan sehingga setiap orang akan selalu ingat setiap inci dari larangan dan perintah Nya.

Hikmah kelima dari diturunkannya Al Quran secara berangsur angsur adalah bahwasanya diantara ayat - ayat Al Quran terdapat dan atau merupakan pertanyaan , pernyataan dan jawaban serta penolakan suatu pendapat , perkataan dan atau perbuatan, maka hal ini tidaklah dapat terlaksana jikalau Al Quran itu diturunkan sekaligus.

Demikianlah kurang lebih beberapa hikmah dari diturunkannya Al Quran secara berangsur angsur , adapun kurang lebih nya mohon maaf yang sebesar - besarnya, jikalau pembaca sekalian memiliki pengetahuan dan atau pandangan yang lain dari hikmah kenapa Al Quran diturunkan secara berangsur - angsur, sangat kami harapkan masukannya guna untuk lebih memperlengkap catatan ini.

Wallahu A'lam

0 comments:

¿Sampaikan Saran Dan Kritik Yang Membangun?

 
Mari Kita Baca Bersama | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger