Buscar

Tuesday, March 5, 2013

Allah Rabb Semesta Alam

Segala Puji Bagi Allah Rabb Semesta Alam dan Syukur kehadirat Nya atas segala Rahmat , Taufiq dan Hidayah yang telah diberikan kepada setiap makhluk Nya. Semoga Shalawat serta salam senantiasa dilimpahkan kepada Para Nabi dan Rasul-Nya khususnya kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin umat islam.

Tiada keraguan sedikitpun bagi umat islam khususnya bahwa Allah Subhanahu Wata'ala adalah Rabb Semesta Alam, namun amat sedikit sekali bagi kita yang mungkin mengerti dan atau sedikit memahami serta memiliki pengetahuan bahkan meyakini akan hal tersebut.

Allah Subhanahu Wata'ala Adalah Rabb semesta alam sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al Fatihah ayat 2 yang dalam bahasa indonesianya kurang lebih bermaksud :
"Segala Puji Bagi Allah Rabb Semesta Alam"

Makna dari kalimah tersebut pada dasarnya dapat kita fahami lebih mendalam lagi jika kita mau mencari penjelasannya didalam ayat - ayat Al Quran yang lain. yang mana kehadiran dan atau keberadaan atau diturunkannya ayat - ayat tersebut adalah guna untuk memberikan penjelasan satu dengan yang lain. sebagaimana dijelaskan dalam surah Az Zumar ayat 23 yang kurang lebih bermakna : "Allah Telah menurunkan perkataan yang baik yaitu Alquran , Serupa mutu ayat - ayatnya lagi berulang - ulang".

Berdasar daripada ayat tersebutlah dapat kita ambil sedikit pelajaran bahwa setiap ayat dari Al Quran adalah pastinya akan "diulang ulang dan serupa" makna dari diulang dan serupa itu kurang lebih akan memberikan kita suatu pedoman bahwa setiap ayat daripada Al Quran itu pastinya adalah merupakan ulangan daripada ayat - ayat yang telah diturunkan sebelumnya dan saling menjelaskan satu sama lain.

Contoh mudah dari hal tersebut dapat kita cermati pada surah AL Fatihah ayat 2 yang memiliki kandungan makna Allah Adalah Rabb Semesta alam dijelaskan dalam 4 surah yang lain yakni Surah Al An'aam , Al Kahfi, Fathir dan saba'.

Allah Adalah Rabb semesta alam memiliki kandungan makna bahwa Allah yang menciptakan , memberi petunjuk , mengurus , serta memiliki yang kesemuanya dijelaskan didalam surah surah yang lain sebagaimana disebut diatas, untuk lebih jelasnya berikut kami petikkan ayat - ayatnya

Dalam Surah Al An'aam ayat 1 "Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dan mengadakan gelap dan terang,...."

Dalam Surah Al Kahfi ayat 1 : "Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba Nya Al Kitab dan tidak mengadakan kebengkokan didalamnya"

Dalam Surah Fathir ayat 1 : "Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi yang menjadikan malaikat sebagai utusan untuk mengurus berbagai macam urusan ...."

Dalam Surah Saba' ayat 1 : "Segala puji bagi Allah yang memiliki apa yang dilangit dan dibumi dan bagi Allah pula segala puji di Akhirat...."

Dari ke empat ayat tersebut diatas maka jelaslah sudah bahwa makan Allah Rabb semesta alam adalah sebagai Pencipta yang memiliki segala apa yang dilangit dan bumi yang menjadikan malaikat sebagai utusan untuk mengurus berbagai macam urusan serta menurunkan kepada hamba Nya Alkitab / Al Quran.

Demikianlah uraian singkat tentang pengertian makna dari "Allah Rabb Semesta alam" , pabila ada saran , ide , dan atau masukan yang kiranya dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas lagi akan makna dari Rabb semesta alam, kami harapkan untuk diuraikan didalam kolom komentar.

Sebelum dan sesudahnya penulis memohon maaf pabila ada salah kata dan atau penulisan serta pemaknaan karena penulis hanya manusia biasa yang tidaklah luput dari salah dan lupa.

Wallahu A'lam

0 comments:

¿Sampaikan Saran Dan Kritik Yang Membangun?

 
Mari Kita Baca Bersama | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger