Buscar

Friday, March 1, 2013

Al Quran dimasa Utsman

Tetaplah demikian Al Quran itu keadaannya , sebagaimana telah dengan lengkap dituliskan kedalam satu naskah yang lengkap , diatas lembaran lembaran yang serupa , ayat ayat Nya tersusun dalam suatu surat menurut tertib urut yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad SAW. lembaran - lembaran ini digulung dan di ikat dengan benang , disimpann oleh mereka yang telah dicatatkan dalam catatan sebelumnya dimasa pemerintahan Abu Bakar ra

Disebutkan bahwa dalam masa pemerintahan Abu Bakar terdapat beberapa pemberontakan, yang kemudian dapat diredam oleh Abu Bakar, maka setelah Jazirah Arab tenteram kembali mulailah Abu Bakar menyiarkan islam kembali ke negeri - negeri yang berdekatan.

Dimasa Khalifah Utsman bin Affan, pemerintahan mereka telah sampai ke Armenia dan Azarbaijan disebelah timur , dan tripoli sebelah barat, dengan demikian kelihatanlah bahwa kaum muslimin diwaktu itu telah terpencar pencar di mesir , syiria , irak dan Afrika.Namun demikian kemanapun mereka pergi dan kemanapun mereka tinggal Al Quran itulah yang menjadi Imam Mereka para penghafal Al Quran

Pada mereka naskah AL Quran itu berada namun tidak sama susunan suratnya yang kemudian menunjukkan tanda tanda bahwa perbedaan tentang bacaan Al Quran ini jikalau dibiarkan akan mendatangkan perselisihan dan perpecahan dikalangan umat islam.

Maka dibentuklah satu panitia oleh Khalifah Utsman bin Affan, untuk membukukan Al Quran, yakni menjalin dari lembaran - lembaran tersebut menjadi buku. maka dari mushhaf yang ditulis dizaman ustman itulah kaum muslimin menyalin Al Quran.

Adapun kelainan bacaan, sampai sekarang masih ada , karena bacaan yang dirawikan dengan mutawatir dari Nabi Muhammad SAW terus dipakai oleh kaum muslimin tersebut tidaklah berlawanan dengan apa yang ditulis dalam mushhaf yang ditulis pada masa Khalifah Utsman.

Wallahu A'lam

0 comments:

¿Sampaikan Saran Dan Kritik Yang Membangun?

 
Mari Kita Baca Bersama | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger