Buscar

Friday, March 1, 2013

Nama - Nama Al Quran

Allah Subhanahu Wata'ala memberikan sebuah nama akan kitabnya dengan sebutan "Al Quran" dan atau bacaan yang kurang lebih berarti bacaan yang secara tertulis dijelaskan didalamnya. yang dikuatkan kemudian oleh setiap ayat yang saling berkaitan dan atau menjelaskan serta diulang - ulang.

Manurut sebagian besar pendapat dikalangan ulama' ayat - ayat tersebut kemudian dipakai sebagai nama untuk kalam Allah Subhanahu Wata'ala yang diwahyukan Kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Selain Al Quran , Allah Subhanahu Wata'ala juga memberi beberapa penaaman lain bagi kitab Nya, seperti :

Al Kitab atau Kitabullah : adalah merupakan sinonim atau persamaan kata dari Al Quran sebagaimana disebutkan didalam surah Al Baqarah ayat 2.

Az Zikr yang artinya peringatan sebagaimana dijelaskan didalam surah Al Hijr ayat 9 yang artinya "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya"

Al Furqan artinya Pembeda adalah merupakan ayat - ayat yang membedakan antara kebenaran dan kebatilan, sebagaimana disebutkan dalam surah Al Furqan ayat 1 yang artinya
" Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaankepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam"

Dari kesekian banyak nama dari Kalam Nya yang paling masyhur dan dikenal oleh banyak hamba-Nya adalah "Al Quran" pun demikian dari beberapa nama diatas menurut beberapa ulama' juga masih terdapat beberapa nama nama yang lain seperti : Al Kalam, An Nuur dan lain sebagainya.

Wallahu A'lam

0 comments:

¿Sampaikan Saran Dan Kritik Yang Membangun?

 
Mari Kita Baca Bersama | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger