Buscar

Wednesday, February 27, 2013

Basmallah

Al Fatihah atau Pembukaan adalah surah yang diletakkan pertama kali didalam Al Quran meskipun menurut sebagian besar Ulama' Al Fatihah bukanlah surah yang pertama diturunkan Oleh Allah Subhanahu Wata'ala kepada Rasulullah Muhammad Saw kenapa kemudian Surah Al Fatihah diletakkan diawal kitab...? Insya Allah akan kita bahas dan rembug bersama apa dan kenapa serta bagaimana kesepakatan sebagian besar ulama' tentang hal ini.

Al Fatihah atau pembukaan dimulai dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang atau yang disebut Basmallah yang kemudian dipergunakan oleh banyak kalangan sebagai syarat utama dalam rangka memulai membaca setiap ayat - ayat Nya, meskipun bagi sebagian yang lain tidaklah harus. 

Namun demikian marilah kita berpegang pada pendapat dari kebanyakan orang yang mana telah menjadi suatu kesepakatan bahwa sanya dalam rangka membaca setiap ayat - ayat Nya haruslah terlebih dahulu membaca Basmallah Oleh karena itu jika sebelumnya pada saat membaca blog ini belum membaca Basmallah maka mulailah sekarang

Bismillahir Rahmanir Rahim

Dalam perkembangannya kemudian Basmallah dibaca  pada saat atau setiap kali kita / seseorang melakukan pekerjaan yang baik maka hendaknya dan alangkah baiknya dimulai dengan menyebut Nama Allah, seperti pada saat kita menyantap makanan, meneguk minuman, pun demikian pada saat menyembelih hewan dan lain sebagainya.

Allah ialah nama Dzat yang Maha Suci, yang berhak disembah dengan sebenarnya, tidaklah membutuhkan makhluk-Nya, akan tetapi makhluk itulah yang membutuhkan-Nya.  

Ar Rahmaan atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah Maha Pemurah merupakan salah satu nama Allah yang dapat diartikan bahwa Allah senantiasa melimpahkan karunia-Nya kepada segenap makhluk-Nya, sedangkan Ar Rahiim atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah Maha Penyayang memberikan suatu pengertian bahwasanya Allah Subhanahu Wata'ala senantiasa bersifat rahmah oleh karena Dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada seluruh makhluk Nya.

Insya Allah

Wallahu A'lam

0 comments:

¿Sampaikan Saran Dan Kritik Yang Membangun?

 
Mari Kita Baca Bersama | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger